Rabu, 11 April 2012

BAHASA INDONESIA: Latihan 1


Mata Kuliah      : Bahasa Indonesia                               
Dosen              : Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
Nama               FITRI PURNAMA 
NIM                 : 41032151111019
Tanggal            : 11 April 2012


BAGIAN A
  
Petunjuk
1.    Kerjakanlah soal berikut dengan cara menghitamkan huruf B jika pernyataan yang terdapat dalam  soal Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah Contoh jika jawaban betul: ( B-S).
2.      Jawaban Anda ditulis langsung pada lembar soal ini.

SOAL
1. Tujuan utama perkuliahan Bahasa Indonesia adalah untuk menumbuhkembangkan      keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan (B-S ).
2. Salah satu upaya menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa adalah     dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B-S ).
3.   Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggung jawab dan sikapnya terhadap bahasa Indonesia ( B-S).
4. Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa    Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia (B-S).
5.      Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum forum resmi, merupakan wujud tanggung jawab seseorang terhadap bahasanya ( B–S ).
6.  Menurut Mansoer Pateda, tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( BS  ).
7. Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan (B-S).
8.   Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal (B-S).
9.  Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( BS ).
10.  Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik (B-S).
11.  Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa (B-S).
12.  Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif (B-S).
13.  Kalimat yang ambigu termasuk salah satu contoh kalimat efektif ( B-S ).
14.  Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B-S ).
15. Penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat serta ketepatan diksi dan ejaannya (B-S).


BAGIAN B

Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar 
karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.

SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh
kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.

1. Setujukah Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait ini dalam satu paragraf.

Saya setuju, karena kesadaran berbahasa menimbulkan sikap bagaimana ia bertingkah laku dalam menggunakan bahasanya. Sikap itu diwaranai oleh sikap menghormati, bertanggung jawab, dan ikut memiliki bahasa itu. Tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa sangatlah diperlukan untuk menghindari salah pengertian. Selain itu, karena bahasa adalah penjelmaan yang unik dari suatu kebudayaan yang unik, maka bahasa dipengaruhi oleh pemakai bahasa yang pada dasarnya unik pula.

2.   Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing masingnya dengan singkat.

·         Selalu berhati-hati dalam menggunakan bahasa
·         Tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa
·         Rasa ikut memilki bahasa
·         Sikap terhadap bahasa dan berbahasa
·         Berkemauan  membina dan mengembangkan bahasa

3.      Sudahkah Anda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.

Belum, karena saya menyadari bahwa saya belum memiliki ciri orang yang memiliki kesadaran berbahasa. Saya masih sering mengabaikan penggunaan bahasa yang benar dalam kehidupan sehari-hari.

4.  Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anda? Jelaskanlah.

·         belajar menyimak dengan pemahaman yang baik
·   belajar berbicara sesuai dengan bahasa yang baik dan benar, dapat dilatih dengan cara    membiasakan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam kehidupan sehari-hari baik dalam forum formal maupun informal
·      membaca, melatih keterampilan berbahasa dengan banyak membaca, memahami dan mengerti isi bacaan yang kita baca, maka selain menambah pengetahuan, secara tidak langsung membaca juga dapat mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata
·     menulis, karena menulis merupakan kegiatan yang memunculkan inspirasi, menciptakan ide-ide  baru dan membuat kita berfikir secara santai
·         bertanya kepada orang yang lebih mengerti mengenai bahasa atau kepada ahli bahasa.






Bandung, 26 April 2012        






FITRI PURNAMA
41032151111019

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar