Fitri
Purnama
41032151111019
Pendidikan
Matematika
GURU
YANG BAIK DAN GURU YANG HEBAT: Apakah bedanya?
Pertanyaan yang tertuang dalam judul di atas antara
lain dapat dijawab dengan memanfaatkan pandangan Mendikbud RI, Muh. Nuh
yang disitir oleh Boy Yendra Tamin ( dalam http://
boyyendratamin.blogspot.com/2011/11/pendidik-profesional-
antara-harapan-dan.html ). Menurut Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu
kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu
menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik
dengan kemampuannya sendiri“.
---
---
TUGAS INDIVIDUAL (
untuk peserta perkuliahan Pembelajaran Menulis )
Pahamilah pernyataan Mendikbud itu, kemudian bacalah kelanjutan uraiannya dalam situs yang ditunjuk. Walau wacana itu sudah agak lama, sangat mungkin Anda belum sempat membacanya sampai tuntas, bukan? Usai membacanya, jawablah soal berikut berdasarkan pemahaman Anda terhadap isi wacana tersebut.
Pahamilah pernyataan Mendikbud itu, kemudian bacalah kelanjutan uraiannya dalam situs yang ditunjuk. Walau wacana itu sudah agak lama, sangat mungkin Anda belum sempat membacanya sampai tuntas, bukan? Usai membacanya, jawablah soal berikut berdasarkan pemahaman Anda terhadap isi wacana tersebut.
Selamat membaca, setelah itu berbagilah.
Soal
1.
Identifikasilah :
a)
Ciri-ciri guru yang baik.
Jawab :
·
Guru yang baik adalah guru yang menguasai
keterampilan dan kompetensi guru.
·
Memiliki pengetahuan yang luas dan menguasai
materi pelajaran secara mendalam.
·
Menerangkan dengan baik dan jelas sehingga
pelajaran yang ia sampaikan mudah di pahami siswa.
·
Berusaha semaksimal mungkin untuk keberhasilan
siswa, menjelaskan dengan sungguh-sungguh sampai siswa benar-benar paham.
b)
Ciri-ciri guru yang hebat.
Jawab :
Ciri guru hebat sebagai
berikut :
·
Mampu menciptakan kondisi belajar yang
menyenangkan.
·
Kreatif dan inovatif dalam menciptakan media
pembelajaran serta menguasai metoda pengajaran yang menarik.
·
Mampu berinteraksi dengan siswa dengan baik,
siswa terbuka dan tidak canggung ketika berinteraksi dalam proses pembelajaran.
·
Mampu menjadi motivator bagi siswa, sehingga
tumbuh semangat dan antusias siswa untuk belajar.
·
Mampu menjadi inspirasi bagi siswa, memiliki
kepribadian siswa dapat terarah ke arah yang positif.
·
Memiliki tujuan pembelajaran untuk meningkatkan
kemampuan siswa, menciptakan generasi baru yang lebih cerdas, kreatif dan
aktif.
2.
Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan
berupaya untuk menjadi “guru yang baik” ataukah ingin menjadi “guru yang
hebat”? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawab :
Apabila saya menjadi seorang guru nantinya, saya
ingin menjadi guru yang baik dan juga hebat.
Alasannya :
·
Sebagai seorang guru saya
ingin menjadi pembimbing, pendidik dan pengajar yang baik dalam proses
pembelajaran.
·
Agar siswa dapat memahami
setiap pelajaran yang saya sampaikan dengan baik.
·
Agar siswa memiliki pola
pikir yang positif dan memiliki semangat tinggi untuk belajar.
·
Siswa merasa nyaman ketika
mengikuti pembelajaran.
·
Agar mampu menjalin hubungan
yang baik, siswa terbuka dan aktif dalam melakukan interaksi ketika belajar.
Selain itu, mampu menjadi sahabat bagi siswa, membantu dalam menyelesaikan
masalah ketika ia mengikuti pelajaran.
·
Menciptakan generasi baru
yang lebih cerdas.
3.
Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia
di era globalisasi ini? Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jawab :
Perkembangan pengetahuan
semakin berkembang di era globalisasi ini. Bertambahnya pengetahuan-pengetahuan
baru tersebut mempengaruhi pendidikan di era globalisasi ini. Profil guru yang
ideal pada masa sekarang dan dahulu jelas berbeda, maka dari itu profil guru di
era globalisasi harus memilki pengetahuan luas. Pada umumnya profil ideal
seorang guru adalah ia yang mampu bekerja dengan baik, mampu menggunakan waktu
dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas dan terus mengembangkan pengetahuan
serta pengetahuannya. Bagi guru bahasa Indonesia, profil ideal yang harus ia
miliki di era globalisasi yaitu, menguasai bahasa dengan baik, memiliki
kesadaran berbahasa, terus mengembangkan potensinya dalam berbahasa, dan mampu
menciptakan generasi yang menguasai dan cinta bahasa.
4.
Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca
wacana itu? Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawab :
Ada, manfaat yang saya peroleh dari bacaan
tersebut :
·
Menambah pengetahuan tentang pendidikan
·
Menambah pengetahuan mengenai guru yang baik,
hebat dan profesional.
·
Mengetahui Undang-undang Guru dan Dosen
·
Menambah pengetahuan baru tentang cara-cara
mengajar, apabila menjadi guru kelak.
·
Memberikan motivasi dan inspirasi.