Senin, 07 Mei 2012

TUGAS INDIVIDUAL : Guru yang Baik dan Guru yang Hebat


Fitri Purnama
41032151111019
Pendidikan Matematika

GURU YANG BAIK DAN GURU YANG HEBAT: Apakah bedanya?
Pertanyaan yang tertuang dalam judul di atas antara lain  dapat dijawab dengan memanfaatkan pandangan Mendikbud RI, Muh. Nuh yang disitir oleh Boy Yendra Tamin ( dalam http:// boyyendratamin.blogspot.com/2011/11/pendidik-profesional- antara-harapan-dan.html ). Menurut Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri“.
---
TUGAS INDIVIDUAL ( untuk peserta perkuliahan Pembelajaran Menulis )

Pahamilah pernyataan Mendikbud itu, kemudian bacalah kelanjutan uraiannya dalam situs yang ditunjuk. Walau wacana itu sudah agak lama, sangat mungkin Anda belum sempat membacanya sampai tuntas, bukan? Usai membacanya,  jawablah soal berikut berdasarkan pemahaman Anda terhadap isi wacana tersebut.

Selamat membaca, setelah itu berbagilah.

Soal
1.        Identifikasilah :
a)   Ciri-ciri guru yang baik.
Jawab :
·         Guru yang baik adalah guru yang menguasai keterampilan dan kompetensi guru.
·         Memiliki pengetahuan yang luas dan menguasai materi pelajaran secara mendalam.
·         Menerangkan dengan baik dan jelas sehingga pelajaran yang ia sampaikan mudah di pahami siswa.
·         Berusaha semaksimal mungkin untuk keberhasilan siswa, menjelaskan dengan sungguh-sungguh sampai siswa benar-benar paham.
b)        Ciri-ciri guru yang hebat.
Jawab :
Ciri guru hebat sebagai berikut :
·         Mampu menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan.
·         Kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran serta menguasai metoda pengajaran yang menarik.
·         Mampu berinteraksi dengan siswa dengan baik, siswa terbuka dan tidak canggung ketika berinteraksi dalam proses pembelajaran.
·         Mampu menjadi motivator bagi siswa, sehingga tumbuh semangat dan antusias siswa untuk belajar.
·         Mampu menjadi inspirasi bagi siswa, memiliki kepribadian siswa dapat terarah ke arah yang positif.
·         Memiliki tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa, menciptakan generasi baru yang lebih cerdas, kreatif dan aktif.

2.        Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi “guru yang baik” ataukah ingin menjadi “guru yang hebat”? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawab :
Apabila saya menjadi seorang guru nantinya, saya ingin menjadi guru yang baik dan juga hebat.
Alasannya :
·         Sebagai seorang guru saya ingin menjadi pembimbing, pendidik dan pengajar yang baik dalam proses pembelajaran.
·         Agar siswa dapat memahami setiap pelajaran yang saya sampaikan dengan baik.
·         Agar siswa memiliki pola pikir yang positif dan memiliki semangat tinggi untuk belajar.
·         Siswa merasa nyaman ketika mengikuti pembelajaran.
·         Agar mampu menjalin hubungan yang baik, siswa terbuka dan aktif dalam melakukan interaksi ketika belajar. Selain itu, mampu menjadi sahabat bagi siswa, membantu dalam menyelesaikan masalah ketika ia mengikuti pelajaran.
·         Menciptakan generasi baru yang lebih cerdas.
3.        Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini? Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jawab :
Perkembangan pengetahuan semakin berkembang di era globalisasi ini. Bertambahnya pengetahuan-pengetahuan baru tersebut mempengaruhi pendidikan di era globalisasi ini. Profil guru yang ideal pada masa sekarang dan dahulu jelas berbeda, maka dari itu profil guru di era globalisasi harus memilki pengetahuan luas. Pada umumnya profil ideal seorang guru adalah ia yang mampu bekerja dengan baik, mampu menggunakan waktu dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas dan terus mengembangkan pengetahuan serta pengetahuannya. Bagi guru bahasa Indonesia, profil ideal yang harus ia miliki di era globalisasi yaitu, menguasai bahasa dengan baik, memiliki kesadaran berbahasa, terus mengembangkan potensinya dalam berbahasa, dan mampu menciptakan generasi yang menguasai dan cinta bahasa.
4.        Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu? Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawab :
Ada, manfaat yang saya peroleh dari bacaan tersebut :
·      Menambah pengetahuan tentang pendidikan
·      Menambah pengetahuan mengenai guru yang baik, hebat dan profesional.
·      Mengetahui Undang-undang Guru dan Dosen
·      Menambah pengetahuan baru tentang cara-cara mengajar, apabila menjadi guru kelak.
·      Memberikan motivasi dan inspirasi.